Sabtu, 22 Desember 2012

Pesan Moral dari "5cm"

"Yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya.." -5cm

Wow. 5cm. Itu ceritanya cocookcikcukcok banget buat anak-anak muda. Bener-bener ngasih pesan moral buat kita anak-anak muda. Bahwa kita harus punya mimpi dan kita harus percaya pada mimpi-mimpi itu supaya kita gak cuma jadi seonggok daging, yang bisa jalan, yang punya nama, dan yang bisanya hahahahihihi doang. Kalo kita punya mimpi atau cita-cita apapun, kita harus berusaha buat itu semua. Dan kita gak boleh mudah menyerah. Kalo kata tokoh yang namanya zafran "gue gak mau nyerah, karena gue gakbisa nyerah." Setuju. Setujuu banget.

Disana juga ada pesan moral yang nasionalis juga. Selama ini, gue seringnya ngomel-ngomel soal macetnya jakarta, ngomel-ngomel soal sumpek dan panasnya Indonesia ini, ngomel-ngomel soal pemerintahnya yang suka mentingin diri sendiri, membanding-bandingi sama negara-negara sukses kaya di benua Eropa sana. Setelah nonton film ini, gue inget banget sama kata-katanya tokoh yang namanya Ian. Gue sangat setuju sama dia. Dari lahir gue hidup disini. Gue pake tanahnya, gue minum airnya, gue hirup udaranya, gue minimal harus punya rasa terimakasih. Jelek atau buruk, tanah air gue ya ini. Yang selama ini gue ngomel-ngomelin mengenai betapa standarnya, betapa ngeselinnya. Padahal di sini, ditanah jawa ini banyak banget tempat-tempat bagus kaya mahameru. Baru dari film gue liat yang namanya Ranu Kumbolo, Puncak Mahameru, dll, gue udah terkagum-kagum sama negara gue ini. Keren banget. Ngebayangin suatu hari nanti gue menginjakan kaki gue di puncak gunung mahameru yang aduhai, gue celupin kaki gue ke ranu kumbolo (ranu = danau). Keindahan-keindahan yang ada di Indonesia belum tentu ada di negara lain. Makanya itu sekarang gue bangga jadi orang Indonesia. Orang dari luar negri ke Indonesia aja terkagum-kagum, masa gue orang Indonesia gak bangga sih.

Terus tadi pulang dari Lippo ke rumah jauza itu macetnya ampun-ampunan. Parah banget, nyaris gabisa gerak. Gue nanggepinnya senyum aja, sambil ngobrol-ngobrol sama temen-temen yang ada di mobil. Ya emang begitulah sumpek, macet, kotor gajelas. Tapi yang ada diotak gue, di tanah air gue ini gak cuma ada yang jelek-jelek kaya gini kok. Banyak juga tempat-tempat yang indah disini. Dimana, pas kita memandangnya, kita bakal langsung merasa senang. Gue cinta kok sama negara ini. Kalo kata Ian "gue akan jaga kehormatan negara gue, seperti menjaga kehormatan gue sendiri. Yang berani nyela Indonesia.. Ribut aja sama gue!!" Setuju banget gue.

Pesan moral ke-3, tentu saja, persahabatan. Arial, Zafran, Genta, Riani, Ian. Persahabat mereka udah berlangsung 10 tahun. Bayangin betapa ketatnya persahabatan mereka. Kemana-mana bareng, ngapa-ngapain bareng.. Udah kaya anak kembar siam (kembar siam masa berlima..). Saking ketatnya persahabatan mereka, sampe mereka bikin janji gak akan berinteraksi satu sama lain, biarpun cuma sms, selama 3 bulan. Supaya mereka ngerasain keluar dari zona nyaman mereka. Terus sekalinya ketemu mereka langsung bareng-bareng berjuang untuk bisa berdiri dipuncak gunung Mahameru, bersama-sama. Keren abis. Parah.

Gue menyama-nyamakan persahabatan mereka, sama persahabatan gue sama sahabat-sahabat tercinta gue. Waktu itu yang yang ikut nonton adalah Vieky, Jauza, Adel, Anya, dan Annisa. Setelah keluar bioskop, gue pandangin wajah-wajah sahabat gue yang ada saat itu. Wajah bocah, wajah rese, wajah ngeselin, wajah bego, wajah polos. Gue sayang banget sama semua sahabat gue. Sahabat-sahabat gue yang gobloknya gak ketolongan, yang suka gak punya malu, yang nyebelin kaya babi kesurupan, yang lebih rese dari pada dora. Gue seneng banget bisa selalu habisin waktu gue sama mereka semua. Gak peduli soal kemahatololan mereka semua yang amat sangat, bahkan kadang bikin gue malu. Ngebayangin suatu hari nanti kita bakal beda sekolah, dada gue rasanya sesak. Gak bisa kebayang sama gue. Belom tentu nanti disekolah lain, temen-temen remaja gue mau diajak main marco polo, domikado, ampar-ampar pisang, petak jongkok, petak umpet, petak warna, petak botak pitak dijitak. Temen-temen gue yang ini biarpun udah gue kelitikin, gue jutekin, gue tempeleng, gue tampar, gue jatohin dari kursi, gue tendang pantatnya, gue tarik rambutnya, gue pencet idungnya, gue kata-katain, mereka tetep care dan mau main sama gue. Mereka manusia-manusia bodoh yang sangat selo. Tapi faktor-faktor tolol dan konyol dan bodoh itu juga salah satu hal yang bikin gue betah sama mereka. Seberat-beratnya masa-masa smp, kaya tugas numpuk, ujian ini itu dll, bisa teringankan dengan kehadiran mereka.

Gak cuma itu. Tadi di perjalanan dari Lippo-rumah jauza, itu macetnya kaya apaan tau. Tapi, Gak kerasa sama sekali macet itu. Kita cuma nyanyi-nyanyi "don't you worry, don't be angry. Temanmu disini.. Kamu sangat berarti, istimewa dihati, slamanya rasa ini, jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing ingatlah hari ini" sampe lagu galau "aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi.. Aku tenggelam dalam lautan luka dalam". Sambil nyanyi kita mengeluarkan beberapa suara babi supaya lagunya jadi unik. Masterpiece abis. Kita mengulas bersama-sama film 5cm. Semuanya pada nangis pas nonton itu. Gue keluar dari bioskop aja matanya sembab. Aneh. Gak ada satupun dari kita yang kecewa sama filmnya.
Sifat-sifat goblok, tolol, konyol mereka gak akan pernah gue lupain seumur hidup gue. Dan doain aja semoga suatu hari nanti kita sempet naik gunung bareng-bareng (biar kaya 5cm gitu ceritanya).

Makasih banget buat semua yang udah berperan dalam pembuatan film 5cm, dan juga yang berperan dalam pembuatan novelnya tentu saja. Gara-gara berbagai pesan moral yang ada dalam ceritanya, gue mau mencoba jadi manusia yang lebih baik. Bukan cuma seonggok daging yang punya nama. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya.

"Apa yang kamu mau, mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, kamu taruh disini.. Jangan menempel di kening. Biarkan... Dia... Menggantung.. Mengambang.. 5 centimeter.. Di depan kening kamu..." -5cm

-aqiilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar