Rabu, 12 September 2012

Pertama kali ngerasain jadi guru.

akhirnya. bener deh, internet lagi lemot. kaya gue kalo ngerjain soal fisika. Lemoottt bangett. jadi cukup banyak rintangan gitu ya.

hari ini gue lagi merasa beruntung. maksud gue, kayanya dari pagi sampe sekarang gue gak ngalemin kesialan apapun. kecuali dicubitin sama kamila ya, cuma hampir tiap hari kaya gitu sejak kelas 9. paling kalo sial, ya cuma kesialan yang biasa-biasa aja. gak kaya yang, sisa pelajaran musik gue habisan di toilet. hari ini ada yang ngeselin sih, cuma orang itu tiap hari juga ngeselin. seperti.. adek gue contohnya. dia ngerepotin siapapun yang biasa di repotin. ngerti gak? gak ya? oke. waktu itu dia berhasil merubah gue jadi guru privat sementaranya dia (yang kalo ngajar sambil tiduran). untung dia masih kelas 3 sd. yang paling stress adalah, nyuruh dia ngafalin surat al-humazah.

seperti layaknya seorang guru yang nyuruh muridnya menghafal sesuatu, gue udah pasti nyuruh adek gue baca surat alhumazah berulang-ulang kali. "Ayat 1-3 ya!! kamu baca ulang sampe 5 kali" gue ngomong ke adek gue. kadang sesekali teriak "HEEII JANGAN CEPET-CEPET". abis itu gue suruh ulang lagi dari awal. bukannya gue kejam ya, gue emang bukan pengajar yang baik. tapi itu cara gue ngafalin surat pendek dan gue pikir itu juga bakal berhasil buat adek gue. tapi ternyata... itu bagaikan nimba sumur, setelah itu airnya ditumpahin ke tanah. beneran deh, itu seakan-akan gue gak ngajarin apa-apa.

Setelah beberapa penderitaan dilewati, dan belom berhasil juga. Akhirnya dia nyerah, dengan lihai, dia ngadu ke ortu (saat itu ortu gue lagi di luar kota). "sama kakak gak bisa afal-afal.." "kalo sama kakak ngafalinnya diulang-ulang terus.." oceh adek gue, didepan gue. tanpa pengamatan pun, semua orang juga tau yang namanya ngafalin itu pasti diulang-ulang.. sumpah gue tuh rasanya mau masukin jempol kaki gue ke lobang idungnya saat itu juga. itu tuh, gue capek pulang sekolah dan les, gue mau istirahat, tapi gue harus ngajarin adek gue. setelah susah-payah ngajarin dia, apa yang udah dia afalin dia lepehin gitu aja dimuka gue.. haduh.. karena gue gak tega masukin jempol kaki ke lobang idungnya akhirnya gue marah-marah sendiri. terserah deh mau afal kek mau nggak kek.. nilai berapa kek terserah ah.

dan saat itu berkurang lagi energi gue, karena gue pake buat marah-marah. itu bikin gue tambah capek. bener aja, setelah marah-marah gak keruan, gue langsung ketiduran.

 besoknya, gue tanya "gimana afalan al-humazah nya?" ke adek gue yang seperti itulah. dia jawab dengan santai "ternyata gak ada afalan" WADAWW, jatohin terus bom nya. sekarang gue mau masukin sepatu pantofel ayah (beserta kaus kaki biar mantap) ke lobang idungnya. lagi-lagi gue gak tega, akhirnya ngoceh lagi.

ini pengalaman pertama gue ngerasain seberapa susahnya pekerjaan guru (apalagi kalo yang diajarin, belajar sambil lompat-lopmat ditempat tidur). dan ternyata emang gak gampang..


-aqiilah




Slide 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar